Senin, 24 Desember 2007

Seperti itu, mungkin

"Yah, gimana ya. Ya begitulah"
Gitu jawaban temen2 yang pada rajin belajar saat tak tanyain gimana mereka bisa betah melek sampe berjam-jam ama muqorror(diktat) mereka. Apalagi klo menjelangn ujian gini, banyak bgt yang jadi rajin dadakan meski g sedikit dr mereka yang emang merupakan org2 yang dari dolo betah lama berdua-duaan ma muqorror. Tapi yang pasti, temen2 yang pada "mendadak rajin"(niru judul "mendadak dangdut" :P) bukan karena mereka baru menyadari dalamnya arti dari pribahasa "Rajin pangkal pandai" lho ya.
Barusan aku sholat isya' -alhamdulillah- tepat pada waktunya karena kebetulan masih ada wudlu. Untuk musim dingin gini, mikir2 dl deh buat nyentuh2 air meski rumah2 dah banyak sakhonah(penghangat air). Dan begitulah, aku baca diktat ulum al-qur'an sehabis sholat. Dan untuk mensiasati semangat belajar, aku memberi hadiah pada diriku sendiri untuk nonton film tempo doeloe berjudul "Mars" yang aku dpt dr youtube setiap kali aku berhasil menyelesaikan bacaanku dgn baik dan memahaminya. Yup, jadi saat aku selesai baca sekian paragraf, youtube-ku dah siap buat ditonton. Istirahat 10 menit-an setelah berkutat beberapa jenak, boleh doooong... sesekali bosan ma youtube, nyalain lagu kmudian ikut2 nyanyi sambil tetep baca juga membantu bagiku.
Nggak terasa udah agak pegel2 ni kaki. Ahirnya beberapa kali pindah posisi duduk sambil menghangatkan badan dibalik meja. Lhooooh??!! iya, kan belajarnya pake meja duduk, yang bulet, yang bisa dan biasa buat lesehan itu(masisir byk yg punya deh. Iya, he emm yang kaya punyamu itu), trus kakiku yang emang g kebagian jaket(emang ada ya jaket buat kaki?) musti dikasih selimut. Dan tentu aja selimutku through-over bawah meja gitu. Hah, setelah rasanya perut dah mulai agak gimana2 gitu, indikasi laper sih kayaknya, aku pun berucap syukur karena alhamdulillah bacaannya dah dpt halaman sekian. Meski sebenarnya disisi hatiku yang lain aku teriak, "Apa???!!! baru dapet segini? kemana aja? perasaan td cuma break 10 menit-an bbrp kali doang deh". Yah, entahlah. Dan saat aku yakin bahwa ketidakberesan pada perutku adalah karena laper, aku pun keluar dari kolong meja(maksudku, mengeluarkan kakiku dari kolong meja. Kalau yg bgini ini pas diSD dulu namanya Majaz apa yah? itu lho, yg "menyebutkan suatu bagian secara menyeluruh tapi yang dimaksudkan adalah sebagian". Halah). Dan saat aku telah benar2 mengeluarkan kaki dari meja.... ternyata!!! Owhh, tidaaaaaak!!!Nggak kok, aku bukannya tiba2 kehilangan salah satu kakiku atau bahkan keduanya, tapi saat aku mengeluarkan kaki dari kolong meja, bersamaan dgn itu aku melihat jamku yang memberitahuku bahwa skrg dah hari SENIN pagi! sekarang udah ganti hari! padahal aku td sholat isya' tuh masih hr Ahad loooooooh(ya iya laaah. lha wong kamu tadi sholat isya' tepat waktu gitu. please deh O'). Masih dengan keherananku, aku ditambah heran dengan perutku yang jadi agak aneh. Sebenernya masih ngerasa agak2 kenyang gitu(rasa kenyang yang tersisa pas makan td sore) tp kenapa diwaktu yg sama, perutku rasanya perih kayak dah berminggu2 g dikasih makan yah? Ahirnya, kulangkahkan kakiku menuju... kamarnya Mbak Lely disebelah. Kenapa? apakah krn dia jualan nasi beserta lauknya sehingga aku harus kesana pas laper2 gini? deng..dooong... anda belum beruntung. Tebakan anda salah. Yang bener adalah karena aku mau nawarin dia makan bareng.
"Mbak lely..." panggilku
"sssett"--ini bunyi gerakan Mbak Lely pas memalingkan muka dari depan kompinya saat mendengar suaraku, sekaligus sebagai jawaban dari panggilanku.
"Mbak laper nggak?" tanyaku
"Kenapa kamu laper ya?" katanya balik nanya. Ah, pusing jg kalau pertanyaan dijawab balik ma pertanyaan gini
"Mbak... laper yuk?" tawarku. Dan Mbak lely pun mengiyakan setelah tertawa kegirangan atas tawaranku yang menggiurkan itu.
Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoona wa ja'alana minal muslimin... kenyang, enyak..enyak..enyak... lauk sayur sop "yang penuh sesak dengan daging sapi" euy. Enaaaaaaaaak banget, terlebih krn itu masakanku sendiri. hehehh... meski dah kenyang, yakin bahwa kesadaranku serta tingkat berfikirku dah pulih lagi dan yakin bisa digunakan utk mikir dgn baik dan benar, aku masih g habis berfikir kenapa waktu bs bgitu cepat berlalu pas aku belajar td. "Perasaan baru aja sholat isya' deh, kok tiba2 dah jam 00.40?" pertanyaan ituuuuuu terus yang menggelayut otakku. Sampai ahirnya aku menambatkan keharananku pada jawaban hatiku sendiri yang bilang, "Subhanallah, gini ini kali ya rasanya jadi org rajin. Para tholibul ilmi yang benar2 membaktikan jiwa-raganya pada ilmu. Mereka lupa waktu, lupa kapan harus makan& kapan istirahat. Yang mereka tahu, mereka begitu menikmati saat dimana mereka bisa berdua dan saling berbagi dengan kitab yang ada didekatnya. Aku bisa bilang kalau ini adalah salah satu saja dr sekian banyak keni'matan yang Allah bagi2kan pada hambaNya secara gratis. Pada siapa saja yg dikehendakinya. Mungkin ni'mat seperti ini yang dirasakan para muallif kutub al-'aridloh(ni mufrodat dpt pas baca ulum al-qur'an td :D ) yang membuat mereka bisa nulis kitab2 itu hanya dalam waktu beberapa hari saja. Keni'matan ini yang Allah berikan pada mereka yg selalu kebingungan untuk menjawab tanyaku, "kok bisa betah sih belajar sampe berjam-jam gt?". Keni'matan ini yang semoga Allah berikan untuk kedua, ketiga dan ke-sekian kalinya IA anugrahkan kepadaku, juga kepada mereka yang ber-husnudh dhon pada Allah atas semua yang ditetapkan Allah padanya. Amin :) Dan..dan..dan... meski aku begitu menikmati keadaan ini, meski aku meni'mati keni'matan belajar kali ini, tapi sepertinya nggak bijak klo kemudian aku dholim pada diriku sendiri dan kemudian memutuskan untuk meneruskan meni'mati keni'matan ini sedangkan sekarang waktunya untuk istirahat. Yop, aku harus segera menyelesaikan tulisan ini, nonton Mars episode 17 part 5, trus tidur. Karena besok musti ke kampus ngambil karneh."
Hohohooo, nyadar nggak seeeeeeh, itu tadi baru "kumrentek-e ati" alias bisik2 hatiku aja lho. Sepanjang itu ya..
Yawdah deh. Met belajar lagee, jangan lupa istirahat yang cukup. Oia, beri dirimu hadiah untuk janjimu atau target yang berhasil kamu capai sesuai rencana. Mesyi? karena kamu pun berhak bahagia. Cheeers up your daaaaaaaaay ;)

Tidak ada komentar: